Senin, 01 Juni 2009

MANIFESTO AJARAN MARXISME

Marxisme telah menyapu bersih seluruh dunia dan menegkap intelektualitas, imajinasi dan kesadarn manusia seperti halnya yang pernah dilakukan oleh agama-agama besar didunia dalam sejarah manusia seperti yahudi, Kristen dan islam. Pamdangan karl marx ini di khawatirkan pernyataan yang sama kepercayaan religius bagi marx berarti kepercayaan pada suatu kekuatan besar tuhan, rahasia tuhan dan marx memandang rendah kepercayaan semacam itu. Sebagai seorang ateis dia mengatakan bahwa “ agama adalah opium bagi manusia”.
Karl marx adalah seorang ahli filsafat pengikut HEGEL sehingga bayak ide-ide dan gagasan karl marx yang dipengaruhi oleh pemikiran hegel.meskipun demikian karl marx mampu membuat perubahan yang cukup drstis dalam sistem hegel.
Dalam sebuah pidato yang disampaikan marx dilondon pada tahun 1856 dia mengejutkan para pendengar dengan analogi sejarah yang sangat dramatis. Marx menggamabarkan dan memprediksikan kehancuran kaum kapitalis dimasam yang akan dan datang yang ditandai dengan hukuman yang tidak bisa ditawar lagi ditangan kaum buru yang menjadi algojonya. Ini juga merupakan pandangan tentang sejarah dunia dan masa depanya sebuah sejarah ketidakadilan dan ketidakmanusiawian yang bisa mencapai puncak hanya dengan pernyataan pengadilan tidak manusia atau hukuman mati bagi dunia kapitalis.
Hantu kan membyangi eropa pada khususnya dan dunia pada umumnya dengan wujud aliran atau paham komunisme. Dalam pandangan marx kekuatan komunisme dalam bungkai revolusi akan pecah dan menggulingkan kekuatan fondasi ekonomi pemerintah secara paksa, termasuk kemapanan sosial dan budaya Negara kapitalis didunia. Marx melihat pembebasan kaum proletar denag usahanya sendiri, dengan menyatukan sebagai sebuah kelas disetiap Negara dibawah control partai komunis. Partai komunis memimpin mereka dalam sebuah gerakan revolusioner yang akan menggulingkan mode produksi ekonomi kaum borjuis. Bagi marx dan budaya super strukturnya serta akan memenangkan dunia yang telah dikembangkan kaum borjuis. Bagi marx satu-satunya cara untuk mengubah dunia ialah dengan menghancurkan fondasi ekonomi. Aksi untuk menghancurkan substruktur ekonomi bisa berhasil dengan cara menarik hasrat kelompok tertindas dengan sebuah teori yang sesuai kondisi mereka dan mengispirasikan mereka untuk beraksi. Marx menulis sebuah manifesto komunis yang dipublikasikan sebagai sebuah risalah propaganda yang tampak seperti pergerakan hebat menuju revolusi yang sudah dekat. Dari manifesto inilah awal pergerakan revolusi dengan cepat berjalan ditandai dengan digulingkannya raja francis pada tahun 1848 yang kemudian menyebar kenegara eropa lainya.
Revolusi 1848 telah menjadi sebuah bencana, namun kekecewaan marx pendirianya lebih kokoh bahwa persekutuan kaun proletar denagan elemen kaum borjuis tidak akan berhasil, bahwa hanya sebuah revolusi sebuah penghancuran kaum borjuis oleh kaum proletar yang dipimpin dan diorganisir oleh partai komunis ketika sejarah telah dianggap matang yang akan berhasil dan bisa mempertahankan kemenanganya hanya dengan kediktatoran yang segera akan menghapuskan semua institusi


Related Posts

MANIFESTO AJARAN MARXISME
4/ 5
Oleh

1 comments:

2 Juni 2009 pukul 08.47 delete

Model yang tetap di pegang kuat oleh China meskipun mix dengan keterbukaan ekonomi yang serba hedonism.

Tapi kalau Korut jauh lebih ortodox...akamya negeri itu nggak bisa maju-maju kyk Korsel tetangganya...

Reply
avatar

Sertakan komentar anda